Minggu, 12 Agustus 2018

Tips Mendidik Anak Bagi Orang Tua yang Sibuk Bekerja

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@lerengbukit/tips-mendidik-anak-bagi-orang-tua-yang-sibuk-bekerja

Dalam masa pendidikan anak, peran dan kehadiran orang tua menjadi hal yang penting bagi sang anak.Namun, saat ini, tak sedikit orang tua yang sibuk bekerja. Mulai dari bekerja part time hingga fulltime. Baik sang ayah, sang ibu, ataupun keduanya. Karena sibuk bekerja, tak tertutup kemungkinan kita menjadi kurang optimal mendidik anak. Lalu, bila kita sibuk bekerja, bagaimana agar kita dapat senantiasa mendidik anak kita? Berikut tips mendidik anak bagi orang tua yang sibuk bekerja.


Gambar 1. Bila Orang Tua Sibuk Bekerja, Bagaimana Agar Tak Menghambat Pendidikan Anak?

Optimalkan Waktu Berkumpul dengan Anak dan Lupakan Lingkungan Kerja. Saat kita berada di rumah setelah bekerja, lupakan lingkungan kerja. Fokuslah untuk mengoptimalkan mendidik anak. Lupakan juga pekerjaan-pekerjaan yang mesti kita selesaikan. Bila pikiran kita masih terfokus pada lingkungan kerja dan pekerjaan-pekerjaan yang mesti kita selesaikan, tak tertutup kemungkinan kita menjadi kurang fokus dan kurang optimal mendidik sang anak. Kita pun sebaiknya tak membawa rasa stres karena pekerjaan ke dalam lingkungan keluarga. Apalagi hingga rasa stres membuat kita berperilaku begitu emosional terhadap sang anak. Sebagai hal penting lainnya, kita pun mesti menjaga kondisi fisik. Bekerja memang sangat menyita energi fisik kita. Bila energi fisik kita begitu tersita karena pekerjaan, kita akan merasa lelah sehingga kurang fokus dan kurang optimal mendidik sang anak

Tetapkan Batasan Antara Lingkungan Kerja dengan Lingkungan Keluarga. Bila kita sibuk bekerja, sangat penting juga untuk menetapkan batasan antara lingkungan kerja dengan lingkungan keluarga. Misalnya, tak menerima telepon dari rekan kerja saat kita rumah untuk membicarakan hal-hal terkait pekerjaan, tak mengerjakan pekerjaan kantor saat kita berada di rumah, tak membuka-membuka dokumen terkait pekerjaan, ataupun tak membuka e-mail terkait pekerjaan, Dengan kata lain, kita tak mencampurkan lingkungan kerja ke dalam lingkungan rumah. Bila kita melakukan hal-hal tersebut, tak tertutup kemungkinan juga kita pun menjadi kurang fokus dan kurang optimal mendidik sang anak.

Bagaimana Bila Kita Bekerja di Rumah? Saat ini, tak sedikit orang tua yang bekerja di di rumah. Bila kita bekerja di rumah, pisahkan lingkungan kerja dengan lingkungan keluarga. Misalnya, tak mengerjakan berbagai pekerjaan di dalam ruang keluarga. Jadikan ruang keluarga menjadi tempat untuk berkumpul dan berkomunikasi dengan sang anak. Kita kerjakan seluruh pekerjaan kita hanya di ruang kerja saja ataupun di dalam kamar kita saja. Dengan menerapkan trik ini, akan memisahkan lingkungan kerja dengan lingkungan keluarga. Dengan kata lain, saat keluar dari ruang kerja ataupun kamar kita, kita sudah memasuki lingkungan keluarga. Saat berada di dalam ruang kerja ataupun kamar kita, kita berada di dalam lingkungan kerja.

Demikian, beberapa tips mendidik anak bagi yang sibuk bekerja. Bagi orang tua yang sibuk bekerja, agar dapat senantiasa mendidik sang anak, tak ada salahnya menerapkan tips-tips yang sudah dijelaskan.

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
http://raisingchildren.net.au/articles/work-life_balance.html

Sumber Gambar:
http://maxpixel.freegreatpicture.com/static/photo/1x/Beautiful-Girl-Woman-Glasses-Used-Secretary-Work-2199013.jpg


Related Posts :