Rabu, 17 Oktober 2018

5 Kalimat Sakti Untuk Membuat Kakak Lebih Tenang Menghadapi Adiknya

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@lerengbukit/5-kalimat-sakti-untuk-membuat-kakak-lebih-tenang-menghadapi-adiknya

Bagi kebanyakan keluarga punya satu anak tidaklah cukup. Minimal 2 anak baru cukup bagi kebanyakan pasangan. Sudah berpengalaman selama merawat dan membesarkan anak pertama kehamilan yang kedua tentunya akan ditanggapi dengan lebih santai oleh kebanyakan ibu dan tentunya pasangan.

Terlepas dari keperluan perlengkapan bayi, biaya persalinan, dan juga mental sang ibu selama masa kehamilan ada hal lain yang harus dipertimbangkan dan tentunya dipersiapkan matang – matang. Apalagi kalau bukan mental sang kakak dalam menyambut kehadiran adik barunya. Betul, kesiapan sang kakak untuk menyambut kehadiran adik barunya, terutama jika usia si kakak masih di bawah 4 tahun.

brother-1252736_960_720.jpg
Gambar 1. Kakak beradik

Anak pertama mungkin akan mengalami berbagai emosi seperti gembira, cemas, cemburu, atau bahkan benci saat menyambut adik bayinya. Tidak heran ada saja tingkah – tingkah nyeleneh sang kakak mendekati masa persalinan maupun saat sang adik telah lahir. Untuk itu demi menghindari kecemburuan sang kakak ada beberapa hal yang bisa Anda katakan untuk menenangkan batin sang kakak

  1. “Haloo, adik bayi… kakak udah nggak sabar lho ketemu kamu!”
    Anda sudah bisa memberi pengertian pada si kakak tentang adik bayi sejak masih hamil. Sering-seringlah mengajaknya untuk memegang perut ibu lalu mengatakan “hai” atau “halo” pada janin. Jelaskan kalau di perut sedang ada calon adiknya. Anda juga bisa menunjukkan foto ketika si kakak masih bayi.

  2. “Adik bayi itu cantik kayak ibu, kalau kakak itu ganteng kayak ayah”
    Jangan bosan untuk mengajak si kakak menyapa adik bayinya dengan mengelus-elus perut ibu. Kamu pun bisa membiarkan si kakak memegang perut saat si adik bayi tengah menendang atau bergerak. Ceritakan saja kalau itu berarti adik bayi membalas sapaan kakaknya. Selalu ceritakan hal-hal positif tentang adik bayi pada si kakak.

  3. “Kak, kita jalan-jalan yuk, cari baju sama sepatu buat adik…”
    Libatkan si kakak dalam kehebohan mempersiapkan perlengkapan adik bayi seperti baju, kaus kaki, atau mainan. Misalnya, dengan mengajak si kakak belanja perlengkapan di supermarket sembari jalan-jalan. Jangan ragu untuk minta pendapatnya dalam memilih barang-barang untuk adiknya.

  4. “Ibu nggak sabar deh lihat kakak ngajarin adik sikat gigi atau main-main bareng. Pasti seneng banget ya, Kak…”
    Sampaikan pada si kakak untuk ikut berperan merawat adiknya ketika sudah besar kelak. Peranan yang bisa diambil si kakak misalnya membantu ibunya mengambilkan popok bayi, mengajak adiknya bermain, atau mengajari adiknya menyikat gigi jika sudah besar nanti. Katakan pada si kakak bahwa kamu sudah nggak sabar untuk melihat si kakak yang pintar membantu ibu mengurus adiknya

    children-1879907_960_720.jpg
    Gambar 2. Kakak beradik

  5. “Nanti kalau adik sudah lahir, kakak jengukin ya… Adik pasti nggak sabar deh pengen dipeluk sama kakak”
    Di minggu-minggu terakhir sebelum persalinan, luangkan waktu bersama si kakak sebanyak yang kamu bisa. Nikmati momen-momen kebersamaanmu dengan si kakak sebelum terjadi perubahan dalam keluarga, yakni dengan kehadiran sang adik bayi. Ceritakan padanya kalau sebentar lagi adiknya akan lahir, minta ia untuk mengunjungimu dan adik bayi di rumah sakit nanti.
Nah, itulah kelma kalimat sakti untuk menenangkan anak menyambut kelahiran adiknya. Kecemburuan memang wajar bagi anak kecil untuk iti berilah pengertian sejelas mungkin agar mereka memahami keadaan Anda dan juga bayi Anda.

Oleh: Lintang Rahmawati
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
  1. https://www.ibupedia.com/artikel/balita/tips-agar-kakak-tidak-cemburu-pada-adik-barunya
  2. https://www.ayahbunda.co.id/balita-psikologi/saat-ada-adik2c-kakak-tak-merasa-dinomorduakan
Referensi gambar :
  • Gambar 1. https://pixabay.com/en/brother-sister-red-hair-freckles-1252736/
  • Gambar 2. https://pixabay.com/en/children-garden-autumn-hide-play-1879907/


Related Posts :