Jumat, 30 November 2018

Tips Cerdas Mendidik Anak Di Zaman Serba Modern

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@puncakbukit/tips-cerdas-mendidik-anak-di-zaman-serba-modern

Di zaman serba teknologi seperti sekarang penggunaan gadget dan internet bisa dibilang adalah hal yang mutlak. Dengan internet anak bisa mengakses segala hal secara bebas dan dengan pengawasan yang minim. Hal ini memungkinkan anak mengakses hal yang tidak seharusnya karena kemudahan dalam mengakses internet.

two-boys-3396713_960_720.jpg
Gambar 1. Anak kecil belajar

Untuk itu penting bagi para orang tua untuk memiliki cara mendidik anak yang khusus. Hal ini bertujuan untuk menghindarkan anak dari dampak negatif yang ditimbulkan dari internet dan gadget. Nah, berikut kami merangkum beberapa cara dan tips cerdas untuk mendidik anak di zaman milenial.

Pahami posisi anak dengan menjadi tokoh sahabat bagi anak
Menjadi orang tua tentu saja harus bisa menjadi panutan yang baik untuk si anak. Namun, selain sebagai sosok ayah dan ibu, kita juga bisa menjadi sahabat untuk anak. Dengan memposisikan diri sebagai sahabat, anak nggak akan pernah sungkan bercerita apapun pada kita. Saat anak bercerita, kita harus belajar menjadi pendengar yang baik. Tidak melulu harus memberikan nasihat atau tudingan. Selain itu, sebagai sahabat kita juga harus bisa menghargai privasi anak. Misalnya, ketika anak beranjak remaja mereka mempunyai buku harian pribadi untuk mencatat atau menyimpan rahasia mereka.

Jangan segan untuk belajar dari orang lain
Orangtua dari generasi milenial memang dikenal sebagai orangtua yang modern. Biasanya kita menentang nilai-nilai atau kebiasaan yang bersifat konservatif atau jadul, yang biasanya diterapkan oleh orangtua di generasi sebelumnya. Makanya tidak heran, jika harus menitipkan anak pada nenek dan kakek, kita suka parno sendiri kalau anak diajarkan yang tidak sesuai dengan gaya parenting yang kita gunakan. Adakalanya, nasihat dari orangtua kita bisa diterapkan pada gaya parenting masa kini. Coba untuk lebih fleksibel, disesuaikan saja dengan kebutuhan si anak sendiri.

Contoh pada kasus ini, saat melewati anak susah makan di masa MPASI. Menurut teori parenting kekinian, anak di bawah satu tahun nggak boleh mengkonsumsi gula dan garam, termasuk makanan yang mengandung dua komponen tersebut. Idealnya, memang tidak boleh memberi gula atau garam pada masakan bayi. Ketika anak bermasalah pada makanan misalnya susah makan nasihat dari orang tua sendiri maupun orang lain akan sangat berharga.

child-865116_960_720.jpg
Gambar 2. Anak belajar

Luangkan waktu beraktivitas tanpa gadget
Walaupun disebut sebagai generasi modern, orang tua milenial malah sangat ketat dengan pemakaian gadget pada anak atau biasa disebut dengan "screen time". Sebuah teori mengatakan bahwa no screen-time sampai anak berusia 2 tahun. Jadi selama dua tahun idealnya tidak boleh menggunakan gadget, termasuk nonton TV. Tentunya semua kembali ke pilihan orang tua masing-masing. Terkadang kita sebagai orang tua rasa kesal dalam mengatasi kerewelan anak, khususnya saat di tempat umum. Akhirnya kita mengeluarkan "senjata pamungkas" yaitu gadget dan dengan ajaibnya si anak bisa duduk tenang.

Menjaga privacy anak di dunia maya
Lagi-lagi karena disebut generasi internet, nggak heran orang tua milenial senang sekali meng-upload foto anak-anak mereka di dunia maya, khususnya sosial media. Tidak masalah jika Anda memilih mengupload foto si anak di sosial media, namun kita harus tetap menjaga privacy anak walaupun mereka belum paham. Contohnya, jangan pernah mengupload foto mereka sedang mandi atau telanjang. Percaya atau tidak, ini bisa mengundang kejahatan pedophil di dunia maya! Lalu, demi keselamatan anak juga, jangan pernah menaruh foto mereka dengan seragam sekolah, apalagi dengan latar belakang gedung sekolah. Ini juga bisa mengundang kejahatan. Banyak kasus kejahatan pada anak misalnya penculikan karena sosial media.

Selain itu, orangtua sekarang sangat senang memamerkan momen pertama anak mereka, termasuk momen pertama si anak melakukan potty training (latihan menggunakan toilet untuk BAB dan BAK). Walaupun kesannya lucu, secara nggak langsung ini bisa bikin malu anak saat dia dewasa nanti.

Demikianlah keempat tips cerdas mendidik anak di generasi serba modern. Semua tergantung pada pilihan orang tua tentang bagaimana ia akan mendidik buah hatinya. Yang jelas upayakan didikan yang akan berguna bagi masa sekarang dan di masa depan.

Oleh : Call Me
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi :
1. https://www.viva.co.id/gaya-hidup/kuliner/760582-tips-mendidik-anak-generasi-milenial
2. https://wolipop.detik.com/read/2016/05/27/183233/3219694/857/7-tips-pengasuhan-anak-di-era-digital-dari-psikolog-elly-risman

Referensi gambar :
Gambar 1. https://pixabay.com/en/two-boys-2-children-read-meadow-3396713/
Gambar 2. https://pixabay.com/en/child-kid-play-tranquil-study-865116/


Related Posts :