Senin, 21 Januari 2019

Mendorong Perkembangan Anak di Dalam Rumah

Sudah terbit di: https://steemit.com/pendidikananak/@lerengbukit/mendorong-perkembangan-anak-di-dalam-rumah

Anak-anak menempuh pendidikan formal sebagai proses untuk meningkatkan kemampuan intelegensinya. Nah,proses belajar bagi sang anak tak hanya dapat berjalan dalam pendidikan formal saja. Sebagai orang tua, kita pun dapat juga mencoba mendorong proses perkembangannya saat berada dalam rumah. Lalu, bagaimanakah caranya? Berikut beberapa tips yang dapat kita coba. Nah, bila kita lebih banyak menghabiskan waktu berada di dalam rumah, tak ada salahnya mencoba tips-tips tersebut.

Tips Pertama yaitu Gantungkan Papan Untuk Coret-Coret. Apakah anak kita begitu senang mencoret-coret ataupun menggambar pada dinding? Melarang sang anak melakukannya sesungguhnya menghambat proses perkembangan imajinasinya. Selain itu, bila melarangnya, biasanya akan membuat sang anak merasa terpenjara. Untuk mengatasi hal ini tanpa menghambat proses tersebut, cobalah menggantungkan papan.

table-3287098_960_720.jpg
Gambar 1. Meja Belajar Sang Anak

Dengan adanya papan pada dinding, anak lebih bebas menyalurkan segala hal yang ada di dalam benaknya tanpa perlu mencoret-coret dinding. Kita pun, sebagai orang tua, akan lebih mudah mengajari banyak hal kepada sang anak. Misalnya, penjumlahan ataupun pengurangan. Sediakan juga spidol ataupun alat tulis lainnya yang berwarna-warni. Anak-anak memang senang segala hal yang dipenuhi berbagai warna. Gantungkan juga papan di spot dinding yang mudah kita jangkau.

Tips Kedua yaitu Taruh Meja Belajar Untuk Bereksplorasi. Anak-anak memang senang bereksplorasi mempelajari banyak hal. Nah, agar sang anak lebih mudah bereksplorasi sekaligus mengoptimalkan proses ini, cobalah menyediakan meja belajar yang mudah digunakan anak-anak. Biasanya, meja ini didesain sangat pendek. Dan juga, biasanya dihiasi tampilan bertema tokoh kartun berwarna-warni. Ada juga yang dilengkapi kursi. Ada juga meja yang tak dihiasi hal tersebut.

Dengan adanya meja ini, anak-anak dapat lebih mudah bermain-main dengan berbagai mainannya, menggambar, membaca kesukaannya, dan melakukan berbagai aktivitas belajar lainnya yang disukainya. Tak sulit mendapatkannya di berbagai toko. Nah, karena sang anak biasanya cepat bosan dan jenuh, kita siasati dengan mengganti posisi meja tersebut secara rutin Misalnya, meletakkannya di pojok ruangan ataupun di dekat jendela.

Tips Ketiga yaitu Mengajaknya. Berkemah di dalam ataupun di Sekitar Rumah. Apakah anak kita sangat senang bermain di luar rumah? Nah, bila ya, cobalah untuk mengajaknya berkemah di dalam rumah ataupun di area luar sekitar rumah. Biasanya, bila sang anak senang bermain di luar rumah, ia senang berkemah. Tersedia beragam tenda kemah indoor yang menarik. Saat berkemah, kita pun dapat bermain bersama sekaligus mengajarkan banyak hal kepada sang anak. Dengan berkemah pun memperkenalkan berbagai hal terkait alam kepadanya. Sekaligus juga menanamkan keberanian di dalam jiwanya.

Demikian, beberapa tips mudah dan praktis untuk mendorong perkembangan anak di dalam rumah. Menerapkan tips tersebut tak hanya bermanfaat untuk mendorong perkembangannya saja. Tetapi juga, membuat sang anak nyaman dan gembira berada di dalam rumah. Selamat bermain-main dan mengajarkan banyak hal kepada sang anak…

Oleh: Rahadian
(Kirim pesan ke penulis)

Referensi:
Harian Pikiran Rakyat 9 Desember 2018

Gambar:
https://cdn.pixabay.com/photo/2018/04/03/15/39/table-3287098_960_720.jpg


Related Posts :

Tidak ada komentar :

Posting Komentar